Cara Sukses Berjualan Online

Berjualan secara online memang memiliki daya tarik yang sangat besar, karena jangkauan internet yang sangat luas. Namun tidak semua orang yang berjualan secara online itu bisa sukses, kebanyakan karena tidak tahu caranya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi cara untuk sukses berjualan online dan tips efektif berjualan online supaya sukses. 

  1. Melakukan Persiapan yang Matang
    1. 1. Membuat Branding Produk
    2. 2. Kompatibilitas
    3. 3. Fitur Yang Disediakan
  2. Jujur dan Juga Detail Menginformasikan Produk
  3. Memanfaatkan Iklan
  4. Sedikit Barang Lebih Baik
  5. Menunjukkan Proposisi

Melakukan Persiapan yang Matang

Bila ingin sukses tentunya harus melakukan persiapan yang matang, ini berlaku juga untuk berjualan dengan cara online.

Persiapan yang dilakukan itu sebenarnya ada beberapa hal dan pengaruhnya itu sangat besar terhadap keberhasilan yang bisa didapatkan saat berjualan online. Berikut beberapa langkah persiapan untuk kita bisa sukses dalam berjualan secara online. 

1. Membuat Branding Produk

Persiapan yang paling pertama adalah dengan membuat branding dari produk yang kita jual. Pada dasarnya branding ini adalah menempatkan produk kita di benak konsumen, jadi harus bisa memberikan kesan. Dan untuk melakukan itu ada beberapa langkah yang harus diambil, berikut ini langkahnya. 

  1. Pertama kalian itu harus menentukan pasar dari produk barang atau jasa yang kalian perjualkan secara Online. 
  2. Setelah itu buat situs yang sesuai dengan target pasar yang sudah kalian tentukan tadi. Buatlah desain yang menarik sesuai dengan pasar yang kita pilih, supaya produk kita bisa benar-benar berkesan. 
  3. Memilih Aplikasi Yang Tepat

Persiapan yang kedua adalah pemilihan aplikasi e-commerce yang akan kalian pergunakan untuk berjualan online. Pemilihan ini tidak bisa sembarangan ya, harus ada beberapa pertimbangan agar supaya e-commerce yang terpilih bisa menunjang penjualan. Berikut ini beberapa pertimbangannya. 

2. Kompatibilitas

Pertimbangan pertama dalam memilih sudah pasti adalah soal kompatibilitas dari aplikasi tersebut terhadap berbagai device. Apabila kita mengikuti data di mana 60% pembelian Online itu melalui smartphone, maka kita cari aplikasi yang bisa berjalan di smartphone. Sehingga bisa kemungkinan penjualan meningkat itu sudah pasti akan lebih tinggi. 

3. Fitur Yang Disediakan

Pertimbangan yang kedua adalah soal fitur yang tersedia di aplikasi tersebut, ini adalah hal yang sangat penting. Kalau fiturnya lengkap tentu akan bisa membantu kita untuk berinovasi dalam melakukan penjualan online melalui e-commerce. Fitur yang bermanfaat seperti menerapkan backlink atau membuat konten promosi sendiri. 

Jujur dan Juga Detail Menginformasikan Produk

Dalam berjualan online itu yang diperlukan itu adalah kejujuran dan juga penjelasan yang detail untuk para konsumen. Karena konsumen tidak bisa melihat secara langsung, maka kita harus memberikan penjelasan yang detail mengenai spesifikasi dan juga kondisi produk.

Kita pun harus jujur juga dengan penjelasan itu supaya bisa mendapatkan pelanggan yang setia karena kepuasannya itu. Ada beberapa dampak positif apabila kita jujur

  1. Kita bisa mendapatkan pelanggan yang pasti akan mengandalkan kita bila membeli produk tersebut. 
  2. Bisa juga kita direkomendasikan oleh pelanggan dan pasar pun akhirnya terbangun dari situ. 

Memanfaatkan Iklan

Bila ingin sukses di dunia internet, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan iklan. Dengan iklan akan membuat lebih banyak orang yang tahu mengenai penjualan yang kalian lakukan di e-commerce tersebut. Sementara untuk iklan sendiri ada beberapa jenis, berikut ini beberapa jenis iklan. 

1. Media Sosial

Iklan yang pertama sudah pasti melalui media sosial, kita bisa membangun media sosial untuk mengiklankan penjualan kita. Bisa juga menyertakan link e-commerce kita supaya orang tahu harus beli di mana dan mulai melakukan transaksi. Kalian bisa juga menggunakan artis atau selebgram untuk membuat iklan agar produk kalian lebih dikenal. 

2. PPC

Iklan jenis kedua adalah PPC di mana itu bisa diletakkan di berbagai situs yang ada di internet baik Google atau Bing. Kita bisa memasang link untuk menuju ke situs kita sendiri atau mengarahkannya ke situs e-commerce milik kita. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memasang iklan menggunakan platform seperti Google Adword misalnya, maka Anda bisa menghubungi jasa digital marketing untuk memudahkan kampanye periklanan Anda, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada penjualan atau produksi.

Sedikit Barang Lebih Baik

Banyak orang tidak percaya diri karena produk yang dijual itu belum banyak atau istilahnya belum lengkap jenisnya. Namun terkadang bila untuk pemain baru, terlalu banyak barang malah membuat konsumen dilema dalam pilihan yang terlalu banyak. Jadi kalau memang masih baru tidak perlu harus memberikan pilihan terlalu banyak, sedikit malah membuat konsumen bisa langsung membeli. 

Menunjukkan Proposisi

Terakhir untuk sukses kita itu harus memberikan proposisi nilai yang bisa menjadi pemikat orang untuk datang dan beli ke kita. Nah tentunya ada beberapa faktor untuk menunjukkan proposisi tersebut, salah satunya adalah dengan faktor pembeda. Kita harus punya faktor beda dari pesaing yang memberikan alasan orang untuk membeli ke kita bukan ke pesaing. 

Bisa juga dengan melihat pengaruh yang diberikan dari produk kita dan juga bisa dari sisi manfaat yang khas dari produk kita.